EXPERIENCE THE COFFEE. A TASTE THAT YOU CAN'T NEVER TELL.

Trend Kopi di Berbagai Negara

Budaya minum kopi seakan sudah menjadi gaya hidup sebagian orang di belahan dunia bahkan tidak hanya di Indonesia. Dari minum kopi kita bisa mempererat hubungan keluarga juga pertemanan, dari coffee shops atau cafe kita bisa mendapatkan hubungan rekan bisnis maupun mendapatkan teman baru.

Di Indonesia tradisi menikmati minum kopi itu enaknya sambil ditemani cemilan atau gorengan seperti singkong goreng, pisang goreng atau ubi goreng. Bahkan tidak hanya gorengan saja yang bisa menemani seruputan kopi, kopi juga bisa ditemani dengan rebusan kacang kulit, ubi rebus, pisang rebus, jagung rebus maupun singkong rebus.

Nah, kalo tradisi di negara lain gimana ya?

Yuk, kita intip tradisi minum kopi di negara-negara lain.

Traditional Ethiopian Coffee

Ethiopia, negara tempat kelahiran kopi ini terutama yang berada di pedesaan jika minum kopi itu dengan garam atau mentega. Tradisi menambahkan garam ke dalam kopi untuk memberi rasa asin, karena garam dapat mengurangi rasa pahit pada kopi. Tapi saat ini pengguna gula juga sudah populer kok di Ethiopia. Gimana mau coba menambahkan kopimu dengan garam?

Italia, nah kalo negara ini tempat lahirnya espresso. Bagi warga Italia sendiri, minum kopi merupakan salah satu kegiatan yang sakral dan penuh makna. Pahitnya kopi espesso merupakan salah satu cermin yang menyimbolkan kekuatan untuk orang Italia loch. Biasanya orang Italia, kalo minum kopi itu berdiri seperti di bar dan sambil ngobrol-ngobrol.

Prancis, orang Prancis sendiri meminum kopi disaat pagi hari. Biasanya dibuat dengan susu yang di kukus lalu campur kopi yang baru diseduh. Meminum kopi ini biasanya disajikan dalam cangkir besar, agar mudah untuk mencelupkan croissant.

Finlandia, di Finlandia utara meminum kopi sambil memakan keju. Hidangan ini bernama Kaffeost yaitu seduhan kopi hitam yang dicampur dengan potongan keju. Kejunya dimakan dulu, baru kopinya di seruput.

Turki, orang Turki menyukai rasa kopi yang kuat dan manis dengan bubuk kopi yang tersisa di dasar cangkirnya. Cangkir kopinya pun juga tidak biasa namanya fincan, minum kopi biasanya ditemani dengan permen atau manisan Turki yang dibuat dengan rasa buah.

Austria, masyarakat Austria juga sangat suka minum kopi. Kopi yang populer disana adalah Melange yaitu campuran espresso dengan susu panas lalu ditambah lagi dengan krim kocok diatasnya. Kopi ini biasanya juga ditemani dengan hidangan penutup khas Austria yaitu Sacher torte. Semakin nikmat dan lengkap deh minum kopinya.

Irlandia, tau Irish coffee? Nah kopi ini kopi yang terkenal khasnya warga Irlandia. Minuman ini terbuat dari kopi pasa, gula dan wiski spikey (wiski Irlandia) serta dihiasi dengan krim kocok. Kopi ini merupakan salah satu kopi yang sangat populer di Irlandia. Awas ya kalo kopi yang satu ini ada alkoholnya. 😉

Gimana?

Menarik dan unik juga kan tradisi minum kopi di berbagai negara?

Ternyata keberadaan kopi itu dalam kesehariannya ternyata sudah ada turun-temurun sejak dulu. Kopi juga bagian dari warisan budaya dan tradisi yang menyirat makna bagi kehidupan.

Kopi yang hitam dan pahit selalu disimbolkan sebagai wujud kehidupan yang pahit dan gelap, namun akan terasa manis jika kita mengisinya dengan kebersamaan.

Jadi, kenapa kopi selalu dijadika minuman saat berkumpul bersama keluarga, saudara, sahabat, rekan dan kerabat?

Karena kopi adalah minuman penuh makna untuk memperkuat dan menambah keakraban kita dengan orang-orang terdekat.

🙂

Sumber: vemasyafei.com

Share this post
  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: